Meta descriptions adalah suatu ringkasan teks dari halaman web sebagaimana yang anda lihat di hasil pencarian search engine, menjadi salah satu faktor urutan peringkat di mesin pencari. Sebagaimana kita ketahui Google dan Yahoo Secara resmi mengumumkan bahwa mereka tidak lagi mengikut sertakan Meta-descriptions dalam algoritma pencarian. Tapi dalam perkembangan terakhir algoritma pencarian Google seakan menghidupkan kembali Meta description sebagai faktor penunjang perbaikan peringkat. Benarkah demikian?
Jelas tidak, Google tidak sedang kembali ke masa lalu dimana Meta descriptions dijadikan tolok ukur dalam pencarian. Namun bukan pula berarti Meta descriptions situs anda menjadi tidak penting. Apa maksudnya dan bagaimana bisa?
Google dan Personalized Search
Sebagaimana kita ketahui bahwa Google memperkenalkan suatu istilah Personalized seach yaitu dimana riwayat hasil pencarian seseorang akan terekam di dalam ‘Web History’ dan cookies browser, baik anda telah sign in ke akun Google atau pun tidak. Kegemaran anda terhadap situs tertentu akan menaikkan SERPs (search engine results pages) situs tersebut di browser yang anda gunakan. Jadi hasil setiap pencarian dengan keyword tertentu akan menghasilkan SERP yang berbeda pula pada setiap browser dan komputer, tergantung seberapa kali sebuah situs di klik oleh pencari.
Inilah Penjelasan Cara Kerjanya
Anda sign in atau tidak ke akun google, semua pencarian yang anda lakukan di Google disimpan di browser cookies. Data ini akan menjadi rujukan bagi ‘Web History’ dan Google menggunakannya dalam mengkustomisasi hasil pencarian. Jika anda tidak melakukan signed in (masuk ke akun Google), Web History anda akan disimpan selama 180 hari. Setelah masa waktu tersebut berakhir maka akan diganti dengan data yang baru. Jika anda telah signed in sebelumnya, maka tidak ada batasan waktu penyimpanan data cookies tersebut dan anda pun dapat mengatur Web History anda, kecuali jika Anda menghapus “clear” cookies dan riwayat web browser. Dengan demikian, kebiasaan anda dalam menggunakan mesin pencari dan situs yang anda kunjungi akan mempengaruhi pengalaman penelusuran anda.
Semakin banyak anda mengklik atau mengunjungi situs tertentu maka akan menaikkan posisi situs tersebut pada query yang berkaitan. Sebagai contoh, jika anda mencari ‘Blog Terbaik’ dan anda mengunjungi situs www.dakdem.com , sekali waktu anda mencari ‘Situs Terbaik’ anda mungkin akan melihat www.dakdem.com di posisi top 10 meskipun situs www.dakdem.com tidak memiliki masuk daftar peringkat yang baik dengan keyword ‘situs Terbaik
’ pada pencarian yang belum dipersonalisasi (impersonalized search). Anda dapat melihat daftar hasil pencarian yang telah dipersonalisasi dengan mengklik link riwayat web di pojok kanan atas browser.
Hasil penelusuran dengan personalized search akan menghasilkan posisi peringkat yang berbeda dengan SERPs sebenarnya. Untuk membuktikannya silahkan anda mengujinya sendiri. Hasilnya silahkan ditambahkan pada komentar anda.
Bagaimana Meta Descriptions mempengaruhi peringkat situs Anda di Google
Meskipun Meta descriptions tidak lagi menjadi bagian algoritma Google namun Meta Tag Description yang anda buat akan sangat menentukan dalam CTR (click-through-rate) situs anda di mesin pencari yang akan menentukan hasil posisi peringkat dalam personalized search nantinya. Semakin menarik deskripsi yang anda tulis berbanding lurus dengan minat calon pengunjung mengklik situs anda.
Misalkan seseorang mencari ‘buku putih hitam’ lalu ia melihat suatu snippets (ringkasan) dari situs anda “buku putih hitam terbitan si anu edisi terbaru. Download pdf”. Padahal dalam tulisan artikel anda sebenarnya adalah “untuk sementara waktu download buku putih hitam dalam format pdf belum tersedia”. Kalimat ‘Download Pdf’ tersebut akan menggugah calon pengunjung mengklik situs anda.
Ketika mereka mengunjungi situs anda maka perilaku tersebut akan terekam di dalam Web History. Sekali waktu mereka mencari produk, layanan, atau keywords yang berkaitan dengan situs anda, maka dengan sendirinya peringkat situs anda juga akan naik dalam personalized search mereka.
Meta Description Optimization
Ada banyak tulisan dan artikel SEO di luar sana menjelaskan tentang definisi optimasi judul dan deskripsi berikut penjelasannya. Kita tidak akan terlalu jauh mendalaminya. Google tidak selalu menampilkan Meta description yang anda tawarkan. Terkadang Google hanya menampilkan secara random teks ringkasan deskripsi suatu situs yang mengandung query keywords saja. Tapi ada satu hal yang harus anda perhatikan bahwa paling tidak ada satu keywords yang anda unggulkan juga disertakan dalam deskripsi artikel anda.
Kesimpulan
Dengan adanya Google memperkenalkan personalized search, memberi ruang bagi anda webmaster SEO dalam optimasi Meta descriptions. Dan juga menjadi salah satu alasan mengapa anda harus menginvestasikan waktu luang anda dalam menguji dan mengoptimasi Meta description.
Jelas tidak, Google tidak sedang kembali ke masa lalu dimana Meta descriptions dijadikan tolok ukur dalam pencarian. Namun bukan pula berarti Meta descriptions situs anda menjadi tidak penting. Apa maksudnya dan bagaimana bisa?
Google dan Personalized Search
Sebagaimana kita ketahui bahwa Google memperkenalkan suatu istilah Personalized seach yaitu dimana riwayat hasil pencarian seseorang akan terekam di dalam ‘Web History’ dan cookies browser, baik anda telah sign in ke akun Google atau pun tidak. Kegemaran anda terhadap situs tertentu akan menaikkan SERPs (search engine results pages) situs tersebut di browser yang anda gunakan. Jadi hasil setiap pencarian dengan keyword tertentu akan menghasilkan SERP yang berbeda pula pada setiap browser dan komputer, tergantung seberapa kali sebuah situs di klik oleh pencari.
Inilah Penjelasan Cara Kerjanya
Anda sign in atau tidak ke akun google, semua pencarian yang anda lakukan di Google disimpan di browser cookies. Data ini akan menjadi rujukan bagi ‘Web History’ dan Google menggunakannya dalam mengkustomisasi hasil pencarian. Jika anda tidak melakukan signed in (masuk ke akun Google), Web History anda akan disimpan selama 180 hari. Setelah masa waktu tersebut berakhir maka akan diganti dengan data yang baru. Jika anda telah signed in sebelumnya, maka tidak ada batasan waktu penyimpanan data cookies tersebut dan anda pun dapat mengatur Web History anda, kecuali jika Anda menghapus “clear” cookies dan riwayat web browser. Dengan demikian, kebiasaan anda dalam menggunakan mesin pencari dan situs yang anda kunjungi akan mempengaruhi pengalaman penelusuran anda.
Semakin banyak anda mengklik atau mengunjungi situs tertentu maka akan menaikkan posisi situs tersebut pada query yang berkaitan. Sebagai contoh, jika anda mencari ‘Blog Terbaik’ dan anda mengunjungi situs www.dakdem.com , sekali waktu anda mencari ‘Situs Terbaik’ anda mungkin akan melihat www.dakdem.com di posisi top 10 meskipun situs www.dakdem.com tidak memiliki masuk daftar peringkat yang baik dengan keyword ‘situs Terbaik
’ pada pencarian yang belum dipersonalisasi (impersonalized search). Anda dapat melihat daftar hasil pencarian yang telah dipersonalisasi dengan mengklik link riwayat web di pojok kanan atas browser.
Hasil penelusuran dengan personalized search akan menghasilkan posisi peringkat yang berbeda dengan SERPs sebenarnya. Untuk membuktikannya silahkan anda mengujinya sendiri. Hasilnya silahkan ditambahkan pada komentar anda.
Bagaimana Meta Descriptions mempengaruhi peringkat situs Anda di Google
Meskipun Meta descriptions tidak lagi menjadi bagian algoritma Google namun Meta Tag Description yang anda buat akan sangat menentukan dalam CTR (click-through-rate) situs anda di mesin pencari yang akan menentukan hasil posisi peringkat dalam personalized search nantinya. Semakin menarik deskripsi yang anda tulis berbanding lurus dengan minat calon pengunjung mengklik situs anda.
Misalkan seseorang mencari ‘buku putih hitam’ lalu ia melihat suatu snippets (ringkasan) dari situs anda “buku putih hitam terbitan si anu edisi terbaru. Download pdf”. Padahal dalam tulisan artikel anda sebenarnya adalah “untuk sementara waktu download buku putih hitam dalam format pdf belum tersedia”. Kalimat ‘Download Pdf’ tersebut akan menggugah calon pengunjung mengklik situs anda.
Ketika mereka mengunjungi situs anda maka perilaku tersebut akan terekam di dalam Web History. Sekali waktu mereka mencari produk, layanan, atau keywords yang berkaitan dengan situs anda, maka dengan sendirinya peringkat situs anda juga akan naik dalam personalized search mereka.
Meta Description Optimization
Ada banyak tulisan dan artikel SEO di luar sana menjelaskan tentang definisi optimasi judul dan deskripsi berikut penjelasannya. Kita tidak akan terlalu jauh mendalaminya. Google tidak selalu menampilkan Meta description yang anda tawarkan. Terkadang Google hanya menampilkan secara random teks ringkasan deskripsi suatu situs yang mengandung query keywords saja. Tapi ada satu hal yang harus anda perhatikan bahwa paling tidak ada satu keywords yang anda unggulkan juga disertakan dalam deskripsi artikel anda.
Kesimpulan
Dengan adanya Google memperkenalkan personalized search, memberi ruang bagi anda webmaster SEO dalam optimasi Meta descriptions. Dan juga menjadi salah satu alasan mengapa anda harus menginvestasikan waktu luang anda dalam menguji dan mengoptimasi Meta description.
No comments:
Post a Comment